Kabar dari Fisika UNUD

Program Hibah Kompetisi berbasis Institusi (PHK-I) UNUD telah berjalan satu semester dan sedang divisitasi oleh tim dari Dirjen Dikti. Program hibah yang melibatkan beberapa Program Studi (PS) ini memang sangat diperlukan khususnya bagi PS yang intake mahasiswanya rendah dan infrastrukturnya kurang. Beberapa kegiatan yang telah dan sedang berjalan memang belum menyentuh secara langsung kepada mahasiswa. Kegiatan semacam workshop KBK lebih ditujukan untuk membentuk mindset dosen agar lebih memperbaiki diri dalam PBM. Implementasi dari workshop sistem penerimaan mahasiswa bagi PS yang langka peminat sekarang sudah bisa dilihat dengan adanya penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDK gelombang III. Policy study juga telah dilakukan untuk mentrace, menggali dan mendapatkan masukan/feedback dari alumni dalam hal skill yang diperlukan serta saran-saran untuk mahasiswa fisika untuk memperoleh pekerjaan sehingga waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus berkurang.

Dari hasil kuesioner yang saya tabulasi (belum dianalisis), memang mayoritas menyorot sarana dan prasarana pembelajaran dan peralatan laboratorium khususnya untuk riset. Dalam program PHK-I ini investasi berupa barang adaporsi tertentu. Untuk itu Jurusan Fisika juga telah menganggarkan peralatan yang diperlukan sesuai dengan skala prioritas. Kita memang serius dan sedang berbenah diri. Syukurlah, antusiasme itu datang disertai dengan penambahan jumlah mahasiwa yang diterima. Sampai dengan tulisan ini dipublish, 19 orang telah mendaftar di Jurusan Fisika UNUD untuk tahun ajaran 2009/2010. Kalau dilihat dari trennya, ini adalah suatu kemajuan yang baik (walaupun dari sisi kuantitas memang kursi kita hanya 24 orang).Butuh proses memang dan tentunya waktu untuk mencapai hal yang lebih baik.

Untuk rekan-rekan mahasiswa dan alumni yang telah menyebarkan, mengisi dan mengembalikan kuesioner, saya mengucapkan terima kasih banyak atas saran, komentar dan bantuannya selama ini. Viva Fisika UNUD….!!!!

Advertisements

4 Responses

  1. kalau ada yang bisa tender ke kampus pusat UNUD dengan Bukit, aku punya FO (fiber optik). Untuk sewa dan instalasinya kita bisa berunding. jaringan FO lebih baik dari pada Speedy,telkom, IM2, karena jaringan FO end to end dengan gangguan cukup kecil.
    jika ada minat kirim ke : hari.pujiharto@iconpln.net.id

    • Wah, kita sih ndak nanganin yang teknis seperti itu mas hary. Klu untuk riset-nya Pak Hery, mbok ya bisa digratisin semeter aja. Khan banyak pahalanya mas !!!!!

  2. rekan2 ini sebuah masukkan buat kalian adik kelas, belajarlah banyak tempat dan pengalaman…bila perlu kerja dalam kondisi kuliah. Semakin banyak ilmu yang belum kalian terima ditempat kuliah…akan jadi nilai plus buat kalian. Jangan takut fisika tetap jaya di mata dunia kerja. Jadi jangan segan2 untuk berfikir dan membuat strategi dalam mendapatkan kerja. Hilangkan idelis dalam pola berpikir tapi tetap kreatif dalam menganalisa, seperti menganalisa solve problem mekanika kuantum.

  3. rekan2 sealumni dan adik kelas yang lagi kuliah mekanika kuantum… aku punya kabel fiber optik yang panjangnya sepulau bali. bisa gak jualin… pake internet, ipvpn, atau clear chanel.. aku sewakin aja… MIPA UNUD kalau mau aku sambung koneksinya dengan FO ku.. bila perlu semua kampus ada FO. Untuk FO bisa belajar ke aku…. aku punya ilmunya yang gak pernah ada di kampus…. langsung terapan.
    HARRY PUJIHARTO, S.SI. (icon+)
    ALAMAT : GEDUNG PLN BALI RENON
    089 8312 7999/ angkatan ’92

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: